4 Biaya Kuliah Di Al Azhar Mesir 2024: Beasiswa & Non Beasiswa

Biaya Kuliah Di Al Azhar Mesir – Siapa di sini yang punya cita-cita kuliah di luar Mesir? Pastinya hampir semua menginginkannya. Ada banyak sekali yang didapat ketika kuliah di luar negeri apalagi di negara Islam tersebut. Pastinya akan banyak mendapatkan pengalaman, program pendidikan, pengajar perofesional, fasilitas, hingga teman dari berbagai negara.

Di Mesir sendiri banyak kampus yang bisa dipilih. Seperti halnya Universitas Al Azhar. Di mana kampus tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Saat belajar di luar negeri, tentu kita harus mempersiapkan banyak salah. Seperti halnya biaya kuliah di Al Azhar Mesir.

Terkait untuk biaya kuliah di Al Azhar Mesir, sebenarnya ada beasiswa dari kampus maupun dari pemerintah Indonesia. Akan tetapi, untuk mendapatkannya sangatlah sulit. Kamu perlu mengikuti pendaftaran administrasi dan berbagai ujian yang ditentukan. Tidak banyak orang yang bisa lolos.

Ketika kamu tidak mendapatkan beasiswa, lalu berapakah biaya kuliah di Al Azhar Mesir? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Rsudpenajam.id akan mencoba memberikan informasi mengenai rincian biayanya secara lengkap. Bagi teman-teman yang bercita-cita kuliah di Mesir, bisa ikuti ulasan di bawah ini hingga selesai.

Tentang Kampus Al Azhar Mesir

Tentang Kampus Al Azhar Mesir

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, penulis akan jelaskan lebih dulu tentang kampus Al Azhar Mesir di mata masyarakat dunia. Jadi, Universitas yang berada di Mesir tersebut adalah kampus ternama dan menjadi tujuan banyak orang untuk menuntut ilmu. Khususnya mereka yang ingin memperoleh ilmu agama Islam.

Kebanyakan mahasiswa Indonesia kuliah di Al Azhar Mesir berasal dari lulusan pesantren. Sebab, di pesantren para santri sudah mendapatkan ilmu banyak tentang agama Islam. Apalagi mengenai komunikasi dengan bahasa Arab. Mahasiswa akan mudah mengikuti kuliah Mesir jika sudah menguasai kosa kata bahasa Arab.

Jurusan Di Universitas Al Azhar Mesir

Jurusan Di Universitas Al Azhar Mesir

Sistem kuliah di Al Azhar Mesir sendiri terbagi menjadi 2, yakni laki-laki dan perempuan. Hal ini sudah menjadi hal biasa di kampus Islam, apalagi di negara Islam seperti Mesir. Setiap bagiannya, terdapat beberapa jurusan. Tidak seperti di kampus Indonesia, jurusan di Universitas Al Azhar sangat sedikit. Jika tidak salah, ada sekitar 17 jurusan. Berikut daftar jurusannya.

Jurusan Untuk Mahasiswa

FakultasJurusanJenjang
Fakultas Dirasat Islamiyah wal ArabiyahUshuluddinS1
Shahafah wa Al IlamS1
Bahasa ArabS1
Syariah wal QonunS1
SyariahS1

Jurusan Untuk Mahasiswi

FakultasJurusanJenjang
Fakultas UshuluddinTafsir dan Ulumul QuranS1
Aqidah dan FilsafatS1
Hadist dan Ulumul HadistS1
DakwahS1
Fakultas Syariah Wal QonunSyariah IslamiyahS1
Syariah Wal QonunS1
Fakultas Bahasa ArabLughah Arabiyah dan AdabS1
Shahafah Wa IlamS1
Tarikh Wal HadlarahS1
Fakultas Dirasat Islamiyah Wal ArabiyahSyariahS2
LughahS2
UshuludinS2

Nah, itulah daftar jurusan yang bisa kamu pilih. Tentukan jurusan yang kiranya kamu kuasai. Jangan sampai salah pilih jurusan. Sebab jika kamu asal-asalan memilih jurusan, maka bisa dipastikan proses kuliahnya akan tidak nyaman. Mintalah pendapat ke guru atau pengasuh dari pondok pesantren.

Rincian Biaya Kuliah Di Al Azhar Mesir

Ketika sudah menentukan jurusan, berikutnya teman-teman perlu ketahui biaya kuliahnya. Biaya kuliah ini ada dua, yakni beasiswa dan non beasiswa. Karena program beasiswa sudah dipastikan dibiayai semua oleh kampus maupun negara, maka biaya yang akan dijelaskan adalah non beasiswa.

Ketika kamu kuliah di Universitas Al Azhar Mesir, maka uang yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 20.000.000. Adapun untuk rincianya sebagai berikut.

  • Biaya penempatan level : Rp. 1.450.000
  • Biaya daftar ulang : Rp. 2.200.000
  • Biaya pendidikan, makan, asrama : Rp. 5.000.0000
  • Biaya pemberangkatan : Rp. 15.000.000

Perlu teman-teman ketahui, bahwa untuk biaya di atas sewaktu-waktu berubah. Jadi, rincian biaya di atas hanya menjadi patokan saja. Kamu bisa mempersiapkan biaya lebih dari itu untuk mencari aman.

Jalur Pendaftaran Kuliah Di Al Azhar Mesir

Ketika kamu sudah yakin untuk kuliah di Mesir, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru. Untuk pendaftarannya sendiri harus mengikuti jalur pendaftaran yang disediakan oleh beberapa intansi atau lembaga. Ada beberapa jalur yang bisa kamu ikuti. Seperti di bawah ini.

  1. Jalur Kementerian Agama RI
  2. Kedutaan Mesir Jakarta
  3. PBSB Ditpontren
  4. Pesantren Gontor
  5. PBNU
  6. LPPD Pemprov Jawa Timur

Nah, itulah beberapa jalur yang bisa kamu pilih untuk bisa menjadi mahasiswa di Universitas Al Azhar Mesir. Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi setiap laman resminya.

Syarat Kuliah Di Al Azhar Mesir

Sebelum mengakhiri ulasan ini, penulis akan berikan informasi mengenai syarat kuliah/pendaftaran di Al Azhar Mesir. Berikut adalah persyatan yang harus diikuti para calon mahasiswa baru.

  1. Calon mahasiswa merupakan lulusan Madrasah/Pondok Pesantren yang terakreditasi Kemenag RI.
  2. Mengikuti seleksi uji komptensi yang meliputi, TWK, Ikhtiar Tashfiyah, dan Tahdid Mustawa.
  3. Hanya 20 siswa yang akan diterima.
  4. Menguasai tata bahasa Arab dengan baik.

Akhir Kata

Dari semua ulasan di atas, tentunya teman-teman sudah mengetahui dan memahami rincian biaya kuliahnya. Bisa dikatakan kuliah di Azhar cukup terjangkau. Berbeda dengan kampus-kampus terbaik lainnya di luar negeri. Meski begitu, kamu harus benar-benar menyiapkan persiapan mengikuti seleksi pendaftaran.

Demikian pembahasan dari Rsudpenajam.id mengenai Biaya Kuliah Di Al Azhar Mesir. Semoga dengan adanya ulasan tentang biaya bisa memberi bantuan kepada teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah di Mesir.