Biaya Kuliah Poltekim Kemenkumham 2024: Jurusan & Syarat Masuk!

Biaya Kuliah Poltekim – Dari sekian banyak kampus di Indonesia, lebih banyak dinaungi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sisanya berada di bawah beberapa kementerian di Indonesia. Di mana kampus yang didirikan oleh kementerian, sudah pasti akan dibantu oleh pemerintah pusat. Seperti biayanya.

Salah satu Kementerian yang memiliki kampus adalah Kemenkumham. Di mana ada salah satu kampus terkenalnya bernama Politeknik Imigrasi yang berada di Kota Depok, Jawa Barat. Karena dinaungi oleh pemerintah pusat, maka segala proses pendidikan akan dibantu. Salah satunya untuk biaya kuliah Poltekim.

Adapun untuk biaya kuliah Poltekim Depok tidak jauh berbeda dengan kampus kedinasan lainnya. Di mana akan dibantu oleh pihak Kementerian Hukum dan Ham. Hal itu dikarenakan, setelah lulus nanti para mahasiswa akan ditempatkan di beberapa tempat kerja pemerintah di berbagai daerah.

Ketika membaca hal tersebut, tentunya kita sangat tertarik jika biaya kuliah Poltekim dibantu oleh negara. Lalu berapakah nominal yang akan dibantu dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Pasti menarik untuk dibahas, oleh sebab itu Rsudpenajam.id akan mencoba memberikan ulasannya di bawah ini.

Tentang Poltekim

Selain biaya, tentunya informasi mengenai kampus Politeknik Imigrasi juga perlu diketahui oleh teman-teman semua. Oleh sebab itu, penulis akan lebih dulu memberikan ulasan tentang kampus tersebut. Seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa Politeknik Imigrasi adalah sebuah instansi pendidikan yang dinaungi oleh Kemenkumham. Bisa dikatakan sebagai kampus kedinasan.

Sebenarnya di awal berdiri, nama perguruan tinggi tersebut bernama Akademi Imigrasi atau AIM. Nama Poltekim sendiri baru diresmikan pada tahun 2016. Di mana awal berdiri sudah dari tahun 1959. Tentunya kampus tersebut menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua di Indonesia.

Akreditasi Poltekim

Dari awal berdiri hingga sekarang, tentunya Poltekim terus melakukan perkembangan. Seperti halnya program pendidikannya, fasilitas, program studi, dan pengajar. Di tahun ini saja, kampus tersebut sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia.

Jurusan Poltekim

Seperti halnya di kampus kedinasan lainnya, setiap kampus memiliki program studi. Di mana untuk jumlah tidak banyak. Meskipun begitu, untuk prospek kerja setiap lulusan akan dijamin mendapat pekerjaan di sebuah instansi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Berikut empat jurusan di Politeknik Imigrasi Kemenkumham.

JurusanJenjang
Hukum KeimigrasianD4
Administrasi KeimigrasianD4
Manajemen Teknologi KeimigrasianD4
KeimigrasianD3

Nah, itulah empat jurusan yang bisa kamu pilih. Tentunya semua prodi sesuai dengan bidang imigrasi. Apabila kamu memiliki bakat dalam tata hukum, kamu bisa memilih jurusan pertama. Namun, jika kamu paham dengan administrasi dan teknologi, bisa pilih jurusan nomor 2 dan 3.

Rincian Biaya Poltekim

Setelah mengetahui tentang Poltekim beserta pilihan jurusannya, berikutnya penulis akan jelaskan untuk rincian biaya kuliahnya. Nah, seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa Politeknik Imigrasi Kemenkumham adalah perguruan tinggi kedinasan. Di mana semua biayanya akan ditanggung oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Bantuan ini berupa seperti biaya pendidikan, buku, asrama, praktek, makan, dan lain sebagainya. Jadi, kamu perlu membawa uang saku untuk kebutuhan pribadi. Seperti halnya ingin membeli cemilan atau lainnya. Intinya yang tidak tergolong dalam urusan kampus.

Syarat Masuk Poltekim

Meski biayanya gratis, untuk masuk menjadi mahasiswa baru sangatlah sulit. Bisa dikatakan lebih sulit dibanding kampus negeri di bawah naungan Kemendikbudristekdikti. Apabial kamu tertarik untuk bergabung, tentunya harus mengetahui lebih dulu beberapa persyaratan masuknya. Berikut adalah beberapa informasi mengenai pendaftaran Poltekim.

Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Laki-Laki/Perempuan.
  3. Minimal berusia 17 tahun dan maksimal berusia 23 tahun pada saat mengikuti pendaftaran.
  4. Laki-Laki memiliki tinggi badan 170 cm. Sedangkan perempuan 160 cm.
  5. Berat badan harus ideal dengan tinggi badan. Misalnya tinggi 170 cm, berat badan 70 kg.
  6. Sehat, tidak cacat fisik dan mental.
  7. Tidak bertato.
  8. Tidak bertindik bagi laki-laki.
  9. Belum menikah.
  10. Belum melahirkan bagi perempuan.
  11. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksanaan Imigrasi seluruh Indonesia.
  12. Tidak sedang menjalani tes sekolah kedinasan lainnya atau pekerjaan PNS.

Tahapan Seleksi

  1. Seleksi administrasi.
  2. Seleksi kompetensi dasar.
  3. Seleksi lanjutan (Psikotes, Kesehatan, Kesamaptaan, wawancara, pengamatan disik, dan keterampilan)

Dokumen Unggah

  1. Surat lamaran bermaterai Rp. 10.000. (unduh)
  2. Memiliki e-KTP.
  3. Ijazah.
  4. Akte Kelahiran.
  5. Surat keterangan belum menikah dengan dibuktikan surat dari desa/lurah.
  6. Surat peryataan 6 poin. (unduh)
  7. Pas foto berwarna biru.
  8. Khusus bagi yang baru lulus, bisa menggunakan surat keterangan lulus.

Nah, itulah hal-hal penting mengenai pendaftaran masuk Politeknik Imigrasi Kemenkumham. Tentunya perlu kerja keras supaya bisa masuk menjadi mahasiswa/taruna di kampus tersebut. Untuk memulai pendaftaran, kamu bisa mendaftar secara online di CATAR KEMENKUMHAM.

Akhir Kata

Setelah membaca keseluruhan ulasan di atas, akhirnya teman-teman bisa mengetahui secara lengkap informasi tentang kampus Politeknik Imigrasi. Dengan biaya kuliah gratis, tentunya memberi semangat baru para calon mahasiswa supaya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Kiranya itu pembahasan dari Rsudpenajam.id mengenai biaya kuliah Poltekim Kemenkumham. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa membantu para anak-anak mudah bisa mengikuti seleksi pendaftaran mahasiswa baru di kampus tersebut.

Sumber Gambar: Admin Rsudpenajam.id