6 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi ke Kontak di HP 2024

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data – Hadirnya aplikasi Pinjol sekarang ini banyak dimanfaatkan orang untuk mengajukan pinjaman uang tunai secara cepat. Pasalnya sekarang ini di Indonesia sudah hadir banyak sekali aplikasi Pinjol legal maupun ilegal yang dapat digunakan secara mudah dan simpel.

Setelah pengajuan kredit telah disetujui oleh Pinjol, nantinya para nasabah perlu membayarkan tagihan sesuai dengan batas jatuh tempo yang telah ditentukan. Sehingga nantinya nasabah tidak menjadi korban penyebaran data oleh pihak Pinjol. Namun bagaimana cara agar Pinjol tidak sebar data pribadi?

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba agar Pinjol tidak menyebarkan data pribadi yang terdaftar di aplikasi Pinjol. Cara agar Pinjol tidak sebar data pribadi bisa kalian dapatkan informasinya lewat artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa mencegah adanya penyebaran data oleh Pinjol sebelum jatuh tempo maupun setelah lewat jatuh tempo.

Nah pada artikel kali ini, Rsudpenajam.id akan menyajikan ulasan tentang cara agar Pinjol tidak sebar data diri pribadi sebelum dan sesudah jatuh tempo. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu apa itu sebar data Pinjaman Online berikut ini.

Apa Itu Sebar Data Pinjol?

Apa Itu Sebar Data Pinjol

Sebar data Pinjol adalah sebuah tindakan berupa penyebaran informasi seseorang sebagai nasabah sebuah aplikasi Pinjaman Online yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwewenang. Tindakan sebar data biasanya dilakukan tanpa mendapatkan izin dari pemilik data atau nasabah.

Sebar data Pinjaman Online juga dikenal dengan istilah Doxing yang umumnya dilakukan oleh individu secara anonim atau tanpa menggunakan identitas aslinya. Contoh sebar data Pinjaman Online yang kerap kali terjadi yaitu seperti nama lengkap, alamat, NIK dan beberapa informasi lainnya yang digunakan nasabah untuk mengajukan pinjaman.

Nah setelah ketahui apa itu penyebaran data Pinjol, sekarang mengapa pihak Pinjol melakukan penyebaran data nasabah? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Pinjol Melakukan Sebar Data?

Ada beberapa alasan Pinjol Online melakukan penyebaran data pribadi nasabah. Diantaranya seperti nasabah tidak membayarkan tagihan secara tepat waktu, nasabah menyalahi peraturan atau ketentuan yang telah dibuat oleh pihak Pinjol maupun adanya beberapa alasan lainnya.

Adanya penyebaran data Pinjol tentunya merugikan para nasabah. Pasalnya data pribadi nasabah biasanya akan disebarkan lewat pesan Whatsapp kepada beberapa kontak di HP korban.

Nah setelah ketahui beberapa alasan Pinjaman Online sebar data, sekarang apa saja kerugian korban dari sebar data oleh Pinjaman Online? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kerugian Korban Sebar Data Pinjol

Ada beberapa kerugian yang dapat dirasakan oleh korban sebar data Pinjaman Online. Dimana beberapa kerugian korban sebar data Pinjaman Online diantaranya sebagai berikut:

  • Data pribadi yang terdaftar di Pinjol menjadi tersebar.
  • Mendapatkan tekanan atau ancaman dari pelaku sebar data.
  • Mendapatkan pesan lewat SMS maupun Whatsapp dari beberapa kontak yang ada di HP terkait menanyakan kebenaran data pribadi yang telah tersebar.
  • Adanya pengancaman yang dilakukan oleh pelaku sebar data.
  • Bisa membuat kalian tidak bisa mengajukan pinjaman lagi di beberapa Pinjol lainnya.

Nah setelah ketahui beberapa ulasan di atas tentang penyebaran data oleh Pinjol, sekarang bagaimana cara agar Pinjol tidak menyebarkan data pribadi sebelum jatuh tempo maupun setelah lewat jatuh tempo? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Beberapa cara agar Pinjol tidak menyebarkan data pribadi diantaranya yaitu dengan gunakan aplikasi Pinjol resmi, selalu melunasi tagihan tepat waktu maupun dengan beberapa cara lainnya. Penjelasan mengenai cara agar Pinjol tidak menyebarkan data pribadi karena telat membayarkan tagihan adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Pinjol Resmi

Cara agar Pinjol tidak menyebarkan data pribadi yang pertama yaitu dengan cari dan pilih Pinjol resmi. Dengan menggunakan Pinjol resmi atau legal, nantinya kemungkinan penyebaran data nasabah menjadi lebih kecil bahkan tidak terjadi sekalipun.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan Pinjol

Cara agar Pinjol tidak menyebar data pribadi yang kedua yaitu dengan memahami syarat dan ketentuan Pinjol. Pastikan sebelum mengajukan pinjaman, kalian sudah pahami syarat dan ketentuannya. Dengan memahami syarat dan ketentuan Pinjol, nantinya kalian bisa mengatasi agar Pinjol tidak menyebarkan data diri nasabah.

3. Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Cara agar Pinjol tidak sebar data yang ketiga yakni dengan melunasi tagihan atau cicilan secara tepat waktu. Pastikan kalian selalu membayarkan tagihan sebelum jatuh tempo. Dengan begitu nantinya kalian akan terhindar dari adanya sebar data diri.

4. Hapus Izin Aplikasi Pinjol

Cara agar Pinjaman Online tidak sebar data selanjutnya yakni dengan menghapus semua izin di aplikasi. Misalnya dengan hapus izin kamera, Microphone dan lokasi di aplikasi Pinjol. Kalian bisa lakukan penghapusan izin akses aplikasi Pinjol melalui menu Pengaturan di HP.

5. Laporkan Pinjol ke OJK

Apabila beberapa cara di atas telah kalian coba namun pihak Pinjol masih menyebarkan data, kalian bisa gunakan cara lainnya. Misalnya dengan melaporkan Pinjol ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalian bisa kirimkan pesan melalui email [email protected] maupun dengan mengirim pesan Whatsapp ke nomor 081157157157.

6. Laporkan Pinjol ke Pihak Berwajib

Cara terakhir agar Pinjol tidak menyebarkan data pribadi yakni dengan melaporkan ke pihak berwajib. Cara ini bisa kalian tempuh apabila proses penyebaran data sudah tidak bisa di toleransi lagi. Misalnya adanya proses pengancaman, pencemaran nama baik maupun adanya tindakan pidana lainnya.

Dalam kesimpulannya, bahwa agar Pinjol tidak menyebarkan data diri yaitu dengan cari dan pilih Pinjol legal, selalu bayar tagihan tepat waktu maupun dengan selalu berhati-hati ketika akan mengajukan pinjaman. Dengan begitu nantinya data diri seperti nama, alamat, nomor KTP, foto dan lainnya tidak disebarkan oleh Pinjol.

Salah satu aplikasi Pinjol resmi yang cukup aman kalian gunakan yaitu ada Akulaku. Dimana dengan cairin limit Akulaku dan kalian membayarkan tagihan dengan tepat waktu, maka akan terhindar dari adanya proses sebar data oleh pihak Akulaku.

Akhir Kata

Itulah informasi yang berhasil Rsudpenajam.id rangkum tentang cara agar Pinjol tidak sebar data pribadi sebelum dan sesudah jatuh tempo. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai cara atau tips agar pihak aplikasi Pinjaman Online tidak sebar data?

Sekian artikel kali ini tentang cara agar Pinjaman Online tidak sebar data pribadi. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Rsudpenajam.id dan semoga artikel di atas tentang cara agar Pinjaman online tidak sebar data pribadi dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Rsudpenajam.id