Frekuensi HT Satlantas Semarang dan Cara Menembusnya

Frekuensi HT Satlantas Semarang – Guna melancarkan komunikasi bersama dengan tim ketika bertugas, sampai saat ini Polisi masih menggunakan HT sebagai alat komunikasi utama mereka. Meskipun telah ada teknologi lebih canggih seperti halnya Smartphone, HT (Handy Talkie) masih menjadi pilihan terbaik dalam hal alat komunikasi.

Mengapa HT masing menjadi alat komunikasi utama yang digunakan oleh Satlantas POLRI? Jawabannya karena HT bisa digunakan secara bersamaan dalam satu area asalkan pengguna sudah memahami konfigurasi frekuensinya. Biasanya para Polisi akan selalu berbagi informasi secara real time melalui alat radio tersebut.

Bukan hanya itu saja, terkait fungsi lainnya, radio HT juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi maupun monitoring 2 arah. Disamping bisa menerima informasi, pengguna juga bisa mengirimkan informasi ke banyak Polisi. Itulah mengapa radio HT masih menjadi alat utama yang digunakan sampai saat ini oleh Satlantas POLRI.

Membahas mengenai frekuensi HT Satlantas, di pertemuan kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua mengenai frekuensi HT Satlantas Semarang. Untuk mengetahui lebih pasti terkait hal tersebut, langsung saja kita masuk ke inti pembahasan frekuensi HT Satlantas Semarang yang telah kami rangkum berikut ini.

Sekilas Mengenai HT (Handy Talkie)

Sekilas Mengenai HT Handy Talkie

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai frekuensi HT Satlantas Semarang, disini kami akan bahas lebih dulu mengenai apa itu HT (Handy Talkie). Mungkin banyak diantara kalian yang sudah mengetahui apa itu HT dan apa saja fungsinya.

Bagi yang belum mengetahuinya, HT (Handy Talkie) adalah alat komunikasi yang menghubungkan 2 orang atau lebih melalui gelombang radio. Untuk itu, frekuensi HT harus diatur dengan tepat agar nantinya komunikasi menggunakan perangkat satu ini bisa lancar.

Walaupun kerap dianggap sama dengan Walkie Talkie, Handy Talkie sendiri memiliki jangkauan frekuensi yang lebih luas. HT juga dikenal dengan istilah lain, yaitu Two Way Radio atau radio dua arah.

Artinya, perangkat ini bisa difungsikan untuk melakukan komunikasi 2 arah. Namun, si pengirim pesan dan penerima tidak bisa berbicara pada saat yang bersamaan.

Meskipun sekarang alat komunikasi lebih umum menggunakan HP atau Smartphone, keberadaan HT ini masih menjadi pilih utama para Polisi. Terlebih untuk kondisi tertentu yang mengharuskan kelancaran koordinasi sampai penggunaan di wilayah susah sinyal seluler.

Sebagai informasi tambahan, Handy Talkie adalah transceiver yang bekerja di frekuensi VHF ataupun UHF. Frekuensi tersebut ditentukan dengan bentuk serta kemampuan daya pancar paling kecil dibandingkan perangkat lainnya. Hal ini bertujuan agar mudah digunakan ketika di lapangan.

Ingat, HT ini berbeda dengan Walkie Talkie, walaupun keduanya mengusung konsep komunikasi 2 arah. Selain jangkauan frekuensi lebih luas, HT juga memerlukan izin ketika digunakan. Sementara Walkie Talkie hanya memiliki frekuensi terbatas serta tidak memerlukan izin penggunaan.

Alat komunikasi HT ini dapat menjangkau jarak hingga 12 mil. Nah, dengan bantuan repeater, HT bisa menjangkau jarak hingga ribuan kilometer. Namun hal tersebut tergantung pada daerah geografis masing-masing.

Baca Juga: Cara Mencari Frekuensi HT Polisi Seluruh Indonesia 2024

Frekuensi HT

Frekuensi HT

Dalam penggunaan alat komunikasi satu ini, para Satlantas POLRI juga tentunya harus mengetahui lebih dalam terkait frekuensi HT. Frekuensi HT ini sangatlah penting untuk diketahui, karena perangkat ini memerlukan konfigurasi atau settingan frekuensi yang tepat agar bisa menghubungkan pengirim dan penerima pesan.

Disamping itu, ketentuan syarat teknis juga perlu diketahui ketika menggunakan HT. Dikutip dari salah satu sumber terpercaya, rentang frekuensi radio untuk keperluan HT, radio konvensional atau Komrad adalah 150 MHz sampai 174 MHz untuk pita VHF.

Sementara untuk pita UHF, frekuensi digunakan adalah 300 MHz sampai dengan 380 MHz. Kedua frekuensi ini diberlakukan di rentang frekuensi radio yang dialokasikan untuk dinas tetap atau dinas bergerak dalam Tabel Alokasi Spektrum Frekuensi Radio Indonesia (TASFRI).

Frekuensi HT Satlantas Semarang

Frekuensi HT Satlantas Semarang

Jika kalian sudah mengetahui pembahasan diatas terkait HT dan frekuensi HT, berikutnya kita masuk ke inti pembahasan utama di pertemuan kali ini, yakni Frekuensi HT Satlantas Semarang.

Seperti kami singgung di paragraf pertama, dimana frequency HT Satlantas Semarang ini bersifat umum. Jadi siapa saja bisa mengakses frekuensi HT Satlantas Semarang dan bisa ikut berkomunikasi.

Jika kalian membutuhkan informasi terkait berapa frekuensi HT Satlantas Semarang, di bawah ini bisa kalian simak daftarnya.

Frekuensi InputFrekuensi OutputDuplexKeterangan
143,510 MHz142,130 MHz+128RPT. RAPI Wilayah Kota Semarang Selatan, JATENG.
142,720 MHz142,100 MHz+062RPT. RAPI Wilayah Kota Semarang Barat, JATENG.

Diatas bisa kalian lihat bahwa untuk wilayah Semarang, ada 2 frekuensi HT Satlantas yang bisa kalian akses. Biasanya dalam frekuensi tersebut Satlantas Semarang akan memberikan informasi secara rela time seputar monitoring lalu lintas, kemacetan sampai kecelakaan.

Baca Juga: 15 Cara Melihat Kode QR WiFi di HP Oppo

Cara Masuk Frekuensi HT Satlantas Semarang

Cara Masuk Frekuensi HT Satlantas Semarang

Lanjut ke pembahasan terakhir, yaitu cara masuk atau cara bergabung ke frekuensi HT Satlantas Semarang. Sebenarnya untuk bergabung ke frekuensi Satlantas Semarang ini dapat dilakukan dengan mudah seperti halnya kalian bergabung ke frekuensi radio pada umumnya.

Pertama, pastikan kalian memiliki alat yang cukup memadai untuk menangkap sinyal radio yang ada. Apabila sinyal yang ingin kalian tangkap lokasinya cukup jauh, maka kalian membutuhkan antena yang mumpuni. Setelah itu baru sesuaikan frekuensinya.

Kemudian untuk cara menggunakan HT, kalian hanya perlu mengatur jarang radio HT dengan mulut kurang lebih 2,5 cm. Setelah itu posisi kan HT dalam kondisi tegak, kemudian tekan tombol PTT selama 2 detik, lalu ikuti dengan berbicara ke penerima pesan.

Disini kalian bisa melakukan komunikasi secara bergantian, prioritaskan pesan yang kalian anggap penting. Gunakan tanda panggil yang telah disepakati, contoh, Kijang 1 dan Kijang 2, atau Gagak 4 dan Gagak 5 serta lain sebagainya.

Hindari untuk menyebutkan identitas pribadi seperti nama sampai dengan jabatan. Jika perlu, ulangi atau eja secara pelan kata yang meragukan guna menghindari kesalahan ketika berkomunikasi. Untuk panggilan maksimal dilakukan sebanyak 3 kali.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait frekuensi Handy Talkie Satlantas Semarang, disini dapat disimpulkan bahwa setiap frekuensi Satlantas Polri di daerah manapun akan memiliki frekuensi HT yang berbeda-beda.

Namun, kami tekankan sekali lagi bahwa frekuensi HT Satlantas Semarang maupun kota lainnya ini bersifat umum, bebas masuk dan bisa diakses oleh siapa saja. Untuk itu, kalian tentu harus menggunakannya dengan bijak.

Tinggalkan komentar