Gagal Checkout Shopee Food K05, Solusi dan Penyebabnya

Gagal Checkout Shopee Food K05 – Apakah Anda pernah mendapati status gagal checkout Shopee Food dengan kode K05? Jika iya, penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab dan cara mengatasinya.

Sama seperti layanan pesan antar makanan maupun minuman secara online lain. Shopee food hadir dibarengi ragam fitur serba memudahkan pengguna tanpa harus membelinya secara langsung ke merchant.

Tidak hanya pemilik perangkat Android yang mendapati status tersebut, bahkan pengguna iPhone (iOS) juga kerap mengalami gagal checkout Shopee Food K05. Di mana, permasalahan tersebut terjadi lantaran adanya permasalahan pada akun, aplikasi hingga layanan Shopee.

Untuk mempermudah Anda yang mengalami permasalahan gagal checkout Shopee Food K05, berikut rsudpenajam.id telah merangkum sejumlah penyebab dan solusi guna mengatasi permasalahan tersebut secara lengkap.

Penyebab Gagal Checkout Shopee Food K05

Penyebab Gagal Checkout Shopee Food K05

Secara umum, munculnya status gagal checkout Shopee Food K05 terjadi karena adanya error saat pengguna menyelesaikan pesanan di aplikasi. Di mana, dalam praktiknya sendiri terdapat beberapa kode serupa yang kerap ditemukan oleh tiap individu.

Bisa dikatakan, penyebab munculnya kode error K05 yang mengakibatkan gagal chekout pesanan Shopee Food dikarenakan masalah pada aplikasi, akun ataupun koneksi internet buruk pada perangkat pengguna.

Secara umum, belum diketahui penyebab pasti kenapa shopee food gagal checkout K05. Pasalnya, pihak developer aplikasi belum menjabarkan keterangan mengenai solusi maupun penyebabnya.

Namun, terdapat sejumlah indikasi mengapa para pengguna mengalami gagal checkout dengan kode pesanan K05 di antaranya:

1. Shopee Food Error

Salah satu indikasi yang bisa saja menjadi penyebabnya adalah error dari sistem Shopee. Di mana, saat pengguna hendak menyelesaikan pesanan akan muncul status ”Ups telah terjadi kesalahan”.

Secara umum, hal demikian terjadi karena adanya server di mana sedang dilakukan update, maintenance ataupun lonjakan pengguna yang membuka aplikasi secara bersamaan.

2. Akun Bermasalah

Mengingat saat menyelesaikan pesanan setiap orang harus menggunakan akun pribadi, ketika terjadi suatu permasalahan tentu pengguna harus menunggu akunnya telah dipulihkan. Contohnya seperti saat akun sedang dimoderasi, ditinjau maupun dibekukan lantaran adanya pelanggaran.

3. Voucher Sudah Digunakan

Selain permasalahan error atau akun, beberapa pengguna juga kerap mendapati notifikasi gagal checkout Shopee Food K05 dikarenakan voucher sudah digunakan.

Bahkan, sejumlah individu kerap menggunakan voucher tanpa memperhatikan masa berlakunya. Dengan begitu, pesanan tidak dapat diselesaikan mengingat masa aktif promonya telah usai atau sudah digunakan sebelumnya.

4. Produk Habis

Layaknya platform pesan maupun antar makanan lainnya, Shopee Food pun kerap mempertemukan penjual atau pembeli lewat sistem pesanan online. Di mana, saat pesanan telah diselesaikan namun produk yang dipesan telah habis atau kosong tentu mengakibatkan gagal checkout.

5. Koneksi Buruk

Selain itu, koneksi buruk juga bisa menjadi salah satu indikasi pengguna mengalami gagal checkout dengan kode pesanan K05 paling umum. Sebab, guna mengakses fitur Shopee memerlukan jaringan internet yang stabil.

Selain aspek koneksi, setiap pengguna juga harus memastikan bahwa aplikasi Shopee yang digunakan telah diupdate ke versi terbaru agar semua fitur di dalamnya berfungsi dengan baik.

Baca Juga:

Solusi Gagal Checkout Shopee Food K05

Solusi Gagal Checkout Shopee Food K05

Ketika Anda sedang memesan makanan atau minuman di Shopee Food lalu mengalami gagal checkout dengan kode K05 sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab, terdapat sejumlah cara mengatasi masalah tersebut contohnya restart HP.

Adapun solusi guna mengatasi gagal checkout Shopee Food di antaranya:

Update Shopee

Cara mengatasi gagal checkout Shopee Food K05 yang pertama dan paling umum ialah dengan update aplikasi ke versi terbaru di Google Playstore maupun App Store. Sebab, setelah melakukannya, semua fitur dalam platform akan normal kembali.

Maka dari itu, sangat disarankan ketika mendapatkan status tersebut untuk segera memeriksanya di Google Playstore maupun App Store apakah ada update atau tidaknya. Jika ada, silakan instal aplikasi ke versi terbaru.

Cek Voucher

Apabila telah melakukan update namun masih mengalami gagal checkout, Anda bisa cek ketersediaan voucher ataupun memeriksa masa berlakunya pada laman checkout Shopee Food.

Jika voucher tersedia, silakan lanjutkan pemesanan dengan mengetuk Pilih. Secara otomatis nominal pesanan akan dipotong sesuai voucher yang digunakan.

Pastikan voucher tidak berwarna abu-abu agar tidak terjadi gagal checkout. Sebab, ketika voucher memiliki warna demikian menandakan bahwa promo telah berakhir atau tidak sesuai ketentuan pesanan Anda.

Ajukan Banding

Apabila penyebab gagal checkout dikarenakan akun Shopee bermasalah, Anda bisa mengajukan banding pemulihan terhadap akun pribadi terlebih dahulu.

Namun, pastikan bahwa Anda mempunyai cukup bukti tidak melakukan pelanggaran syarat maupun ketentuan Shopee. Setelahnya, silakan ajukan banding melalui Email atau bisa juga melalui Live Chat Shopee.

Cek Produk

Sama halnya marketplace Shopee, Shopee Food pun menyediakan produk melalui merchant terdaftar. Maka dari itu, tak menutup kemungkinan sebagian produk pesanan telah terjual habis atau sedang tidak tersedia.

Apabila telah memesan produk yang sudah terjual habis, secara otomatis sistem Shopee akan membatalkan pesanan sehingga terjadi gagal checkout.

Hapus Cache Shopee

Apabila mendapati gagal checkout karena aplikasi lemot, langkah pertama ialah menghapus cache aplikasi. Setelah melakukan hal tersebut namun tetap mengalami kegagalan, opsi terakhir ialah hapus data aplikasi lalu login kembali menggunakan username yang sama.

Cek Koneksi

Ketika notifikasi terus muncul, Anda bisa memeriksa koneksi internet yang digunakan. Apabila jaringan sedang tidak stabil, silakan sambungkan ke Wi-Fi atau hotspot dari perangkat lain. Hal ini dilakukan agar saat checkout aplikasi lebih stabil diakses.

Kontak CS Shopee

Cara terakhir saat beberapa solusi di atas tidak cukup membantu ialah menghubungi Call Center Shopee di 1500 702. Anda juga bisa mempertanyakan masalah gagal checkout tersebut melalui Live Chat 24 jam dengan langkah berikut:

  • Ketuk menu Saya.
  • Ketuk Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee.
  • Jika lewat Pusat Bantuan, silakan ketuk Chat Shopee Sekarang dan pengguna akan diarahkan pada laman chatting.

Tips Checkout Shopee Food

Tips Checkout Shopee Food

Bisa dikatakan ketika seseorang mengalami gagal checkout, salah satu penyebabnya ialah promo telah digunakan atau beberapa faktor lain seperti error, jaringan buruk atau voucher sudah tidak berlaku.

Akan tetapi, notifikasi K05 pada aplikasi Shopee Food sendiri kerap muncul karena promo telah digunakan atau masa aktifnya telah habis. Maka dari itu, sebelum menggunakannya, pastikan untuk membaca syarat beserta ketentuan penggunaan promonya terlebih dahulu.

Jika masalah tidak dapat diselesaikan kendati telah menerapkan solusi di atas, Anda bisa menggunakan akun Shopee kerabat atau keluarga guna melakukan pemesanan lewat aplikasi.

Kesimpulan

Mengingat penyebab pasti munculnya kode M02, M04, M11 maupun K05 belum diketahui, penting bagi setiap pengguna menerapkan sejumlah solusi di atas agar pemesanan bisa dilanjutkan. Dengan begitu, setiap individu tidak harus menunggu pihak Shopee memberikan klarifikasi atas permasalahan ini.

Sekian informasi penyebab dan cara mengatasi gagal checkout Shopee Food K05 dari Rsudpenajam.id, semoga bermanfaat dan dapat membantu pengguna platform E-Commerce terkemuka ini.