7 Biaya Kuliah Fisioterapi 2024: Kampus Negeri & Swasta

Biaya Kuliah Fisioterapi – Tentunya telinga kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar jurusan-jurusan kesehatan. Namun, kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa jurusan saja, seperti kedokteran, farmasi, perawat, dan bidan. Teman-teman pastinya jarang mendengar jurusan Fisioterapi.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa pekerjaan sebagai Fisioterapis sekarang banyak dicari. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Seperti halnya jurusan Administrasi Rumah Sakit. Kamu bisa kuliah di beberapa kampus dan mendapatkan biaya kuliah jurusan Fisioterapi dengan murah.

Antara biaya kuliah Fisioterapi dengan biaya kuliah Administrasi Rumah Sakit sangat berbeda. Bisa dikatakan jurusan ini lebih spesifik pada bidang kesehatan. Kamu akan mempelajari tentang mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi anggota tubuh. Dan itu perlu proses belajar yang teliti.

Ketika kamu tertarik dengan jurusan Fisioterapi, kamu harus tahu beberapa tentang jurusan tersebut. Mulai dari mata kuliahnya, prospek kerja, dan biaya kuliah Fisioterapi. Supaya teman-teman tidak penasaran, Rsudpenajam.id akan mencoba memberikan ulasannya di artikel ini. Langsung saja kita bahas masalah biayanya di bawah ini.

Tentang Kuliah Jurusan Fisioterapi

Tentang Kuliah Jurusan Fisioterapi

Sebelum membahas pembayaran kuliah, alangkah baiknya kita lebih dulu mengenal lebih dengan dengan jurusan Fisioterapi. Jadi, Fisioterapi merupakan cabang ilmu kesehatan yang di mana berkaitan dengan fungsi anggota tubuh. Seperti halnya fungsi otot, jantung, kulit, paru-paru, dan lain sebagainya.

Seperti di pembahasan awal tadi, jika kamu memilih jurusan Fisioterapi, maka nantinya akan mempelajari dasar-dasar ilmu anatomi, fisiologi dasar, konspe fisioterapis, dan beberapa materi lainnya. Bisa dikatakan jurusan tersebut akan terus dibutuhkan banyak orang, apalagi semakin banyaknya pertumbuhan manusia.

Prospek Kerja Lulusan Fisioterapi

Prospek Kerja Lulusan Fisioterapi

Setelah mahasiswa lulus dari jurusan Fisioterapi, maka secara langsung akan menjadi Fisioterapis. Meskipun nantinya harus mengikuti program profesi lebih dulu. Apabila kamu sudah menyelesaikan kuliah, maka akan banyak lembaga layanan kesehatan yang membutuhkan ilmumu. Baik lembaga milik pemerintah maupun swasta.

Gaji Seorang Fisioterapis

Dari prospek kerja sebagai fisioterapis di beberapa layanan kesehatan, tentunya kalian memiliki rasa penasaran dengan gaji. Secara umum, gaji ahli fisioterapis akan mendapatkan gaji antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Biasanya setiap tempat memiliki ketentuannya sendiri dalam masalah gaji.

Pilihan Kampus dengan Jurusan Fisioterapi

Di Indonesia sendiri ada beberapa kampus yang menawarkan jurusan Fisioterapi. Penulis akan berikan rekomendasi 7 kampus dengan jurusan Fisoterapi terbaik. Kamu bisa pilih sesuai dengan lokasi paling dekat dari tempat tinggal atau yang memiliki kualitas bagus. Berikut rekomendasinya.

  1. Universitas Esa Unggul
  2. Universitas Muhammadiyah Malang
  3. Universitas Ailangga
  4. Universitas Udayana Denpasar
  5. Universitas Bali Internasional
  6. Universitas Kristen Indonesia
  7. Universitas Hasanudin Makassar

Rincian Biaya Kuliah Fisioterapi

Setelah mengenal dan paham dengan jurusan Fisioterapi, berikutnya penulis akan berikan informasi biaya kuliahnya. Perlu teman-teman ketahui, bahwa biaya studi di beberapa kampus memiliki perbedaan. Di mana perbedaan itu disebabkan karena status kampus, jenjang kuliah, jumlah semester, akreditasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap kampus juga memiliki jenis biayanya masing-masing, terumata untuk kampus swasta. Berikut beberapa jenis biaya yang ditetapkan di beberapa perguruan tinggi swasta.

  • SPP
  • Buku
  • Alat Praktikum
  • Perpustakaan
  • SKS
  • Pakaian Laboratorium
  • Magang
  • Praktik
  • Kegiatan Kampus
  • UTS & UAS
  • dll

Di bawah ini, penulis akan berikan rincian biaya studi jurusan Fisioterapi di beberapa kampus. Termasuk beberapa kampus rekomendasi di atas.

KampusBiaya Kuliah Fisioterapi
Universitas Esa UnggulRp. 25.600.000
Universitas Muhammadiyah MalangRp. 20.600.000
Universitas AirlanggaRp. 5.000.000 (UKT 1)
Universitas Udayana DenpasarRp. 13.500.000
Universitas Bali InternasionalRp. 12.500.000
Universitas Kristen IndonesiaRp. 15.000.000
Universitas Hasanudin MakassarRp. Rp. 6.500.000 (UKT 5)

Nah, itulah rincian biaya kuliah ketika kamu ingin menjadi ahli Fisioterapis. Bisa dikatakan untuk biayanya tidak terlalu mahal. Tidak jauh berbeda dengan jurusan kesehatan lainnya. Usahakan pilih kampus negeri dulu, karena untuk biayanya sangat rendah yakni tergantung dengan penghasilan orangtua mahasiswa.

Syarat Masuk Kuliah Fisioterapi

Apabila kamu tertarik menjadi mahasiswa jurusan Fisioterapi, langsung saja daftarkan diri di setiap kampus. Supaya teman-teman mudah, penulis akan berikan informasi persyaratan masuk kuliah jurusan tersebut. Namun, persyaratan ini hanyalah umum atau dirangkum dari beberapa kampus. Berikut persyaratan yang bisa kamu persiapkan.

  1. Salinan KTP
  2. Salinan Ijazah SMA/SMK
  3. Salinan KK
  4. Salinan Raport semester terakhir
  5. Foto berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  6. Surat keterangan bebas narkoba/sehat dari klinik maupun rumah sakit
  7. Mengisi formulir pendaftaran

Akhir Kata

Dari semua ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa biaya studi jurusan Fisioterapi di beberapa kampus cukup terjangkau. Namun, lebih mahal dibandingkan dengan biaya kuliah jurusan Administrasi Rumah Sakit. Hal itu disebabkan karena jurusan Fisioterapi memerlukan kegiatan praktik di luar atau magang dan itu membutuhkan biaya banyak.

Demikian pembahasan dari Rsudpenajam.id mengenai biaya kuliah Fisioterapi beserta informasi lainnya. Semoga dengan adanya ulasan tentang jurusan kesehatan di atas bisa membantu para lulusan SMA/SMK bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Sumber Gambar: Admin Rsudpenajam.id