7 Cara Pinjam Uang di Koperasi Alfamart 2024 : Syarat & Limit

Cara Pinjam Uang di Koperasi Alfamart – Koperasi Alfamart adalah sebuah badan usaha dan tempat untuk mengumpulkan dana, menyediakan produk serta layanan keuangan untuk anggota koperasi. Khususnya adalah untuk karyawan yang bekerja di Alfamart itu sendiri.

Koperasi Alfamart sendiri berdiri pada tahun 2015, dan menjadi bagian PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Dengan tujuan utama dibuatnya koperasi Alfamart adalah untuk memberikan manfaat ekonomi bagi anggota koperasi dengan keuntungan mendapatkan investasi dan akses produk layanan keuangan.

Adapun beberapa produk yang ditawarkan koperasi Alfamart adalah simpanan, pinjaman, asuransi dan investasi yang berasakan kekeluargaan. Dan pada badan usaha tersebut tentunya terdapat bagian admin finance, karena koperasi Alfamart sendiri termasuk badan yang mengelola keuangan.

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin pinjam uang di koperasi Alfamart, namun belum mengetahui bagaimana cara melakukan pinjaman tersebut. Maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Limit Pinjam Uang di Koperasi Alfamart

Namun sebelum kami jelaskan bagaimana cara pinjam uang di koperasi Alfamart, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu besarnya limit pinjaman yang dapat dilakukan. Karena setiap pinjaman pastinya memiliki limit atau batas yang telah ditentukan, seperti yang terdapat pada perusahaan jasa keuangan lainnya.

Untuk besarnya limit pinjaman uang di koperasi Alfamart sendiri tidak ada sumber pasti yang menyebutkan besarnya nominal limit pinjaman uang yang dapat dilakukan. Namun untuk kisaran limit pinjaman tersebut mulai dari 600 ribu rupiah sampai dengan 14 juta rupiah.

Dan besarnya limit tersebut akan berbeda-beda untuk setiap anggotanya, karena ada beberapa hal untuk menentukan limit pinjaman. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah jabatan pekerjaan, lama bekerja di Alfamart, dan masih ada beberapa hal lainnya.

Bunga Pinjam Uang di Koperasi Alfamart

Besarnya bunga pinjaman uang di koperasi Alfamart tentunya berbeda-beda, sesuai dengan tenor atau waktu pengembalian pinjaman uang tersebut. Untuk hal ini, tidak ada informasi pasti mengenai besarnya bunga pinjaman yang diberikan oleh koperasi Alfamart.

Akan tetapi, koperasi Alfamart mengenakan bunga flat atau konsistem untuk seluruh anggota. Dimana suka bunga flat itu sendiri tidak berubah-ubah, mulai dari awal pengembalian dana sampai dengan waktu akhir pengembalian. Berbeda dengan fluktuatif, yang mana besarnya pengembalian dana bisa naik atau turun.

Dengan tenor atau waktu pembayaran cicilan mulai dari 3 bulan untuk produk pinjaman konsumtif atau keperluan mendadak, sedangkan tenor atau waktu pembayaran 24 bulan untuk produk pinjaman investasi usaha. Sehingga produk pinjaman yang dipilih akan menentukan tenor pembayaran.

Syarat Pinjam Uang di Koperasi Alfamart

Adapun untuk kalian yang sekiranya merasa tertarik ingin pinjam uang di koperasi Alfamart, setelah mengetahui berapa limit dan bunga yang diberikan. Maka hal lainnya yang perlu kalian ketahui adalah syarat pinjam uang. Dimana hal ini menjadi hal terpenting pada saat kalian ingin pinjam uang di Alfamart.

  • Wajib terdaftar sebagai anggota paling tidak 6 bulan.
  • Tidak memiliki tagihan atau tunggakan di koperasi Alfamart.
  • Mendapatkan persetujuan dari pejabat Alfamart terkait.
  • Jumlah tabungan sukarela dan bunga angsuran tidak boleh lebih dari 30% dari penghasilan per bulan.
  • Metode pembayaran cicilan dilakukan dengan sistem potong gaji.
  • Anggota harus tetap aktif selama masih memiliki pinjaman.
  • Setiap anggota memilik hak menerima sisa hasil usaha (SHU) yang dibayarkan setiap bulan April atau Maret setelah rapat tahunan.

Cara Pinjam Uang di Koperasi Alfamart

Setelah mengetahui beberapa hal tentang pinjaman uang di koperasi Alfamart, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan, yaitu cara pinjam uang di koperasi Alfamart. Dimana langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pinjaman uang di koperasi Alfamart sendiri adalah sebagai berikut.

1. Buka Situs Intranet

Buka Situs Intranet

Pertama-tama silahkan situs Koperasi Alfamart resmi melalui link intranet.sat.co.id melalui browser yang terdapat handphone ataupun desktop milik kalian.

2. Login Akun Alfamart

Setelah itu silahkan Login Akun, dengan cara memasukan NIK dan PIN. Sedangkan pada bagian Perusahaan, silahkan pilih SAT. Setelah itu silahkan pilih Masuk.

3. Pilih SAP Sesuai Gerai

Apabila sudah berhasil masuk ke halaman utama Koperasi Alfamart, maka langkah selannjutnya adalah pilih Gerai Alfamart tempat kalian bekerja, pada bagian SAP.

4. Pilih Menu Pinjaman

Pada bagian selanjutnya, silahkan cari menu Pinjaman atau Peminjaman untuk melanjutkan cara pinjam uang di koperasi Alfamart.

5. Pilih Jenis Pinjaman

Setelah masuk ke bagian Pinjaman, maka langkah selanjutnya tinggal memilih Jenis Pinjaman yang akan kalian lakukan.

6. Pilih Tenor Pengembalian

Apabila sudah memilih Jenis Pinjaman yang sesuai, maka pada bagian selanjutnya tinggal memilih Tenor Pengembalian atau waktu pengembalian pinjaman uang tersebut.

7. Pilih Ajukan Pinjaman

Setelah semua bagian terisi dengan benar, sesuai dengan yang kalian inginkan. Maka langkah terakhir tinggal pilih Ajukan Pinjaman. Setelah itu tinggal menunggu proses verifikasi, apakah pinjaman disetujui atau tidak.

Lama Pencairan Pinjaman di Koperasi Alfamart

Untuk lama proses verifikasi setelah mengajukan pinjaman kurang lebih adalah 1 x 24 jam, namun setelah proses verifikasi berhasil dilakukan, dana tidak langsung dicairkan. Karena ada tanggal pencarian pinjaman yang terbagi menjadi tiga periode.

Periode PinjamanTanggal PinjamanTanggal Pencairan
Perioede PertamaTanggal 1 sampai 10Tanggal 25 bulan yang sama
Periode KeduaTanggal 11 sampai 20Tanggal 5 bulan berikutnya
Periode KetigaTanggal 21 sampai 31Tanggal 15 bulan berikutnya

Akhir Kata

Kiranya cukup sekian dulu informasi mengenai cara pinjam uang di koperasi Alfamart yang pada kesempatan ini dapat rsudpenajam.id berikan, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan seputar cara pinjam uang diatas dapat menambah informasi kalian semuanya.