10 Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng Sesuai Jenis Bahan

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng – Tidak hanya lantai, pemasangan plafon yang tepat juga jadi salah satu faktor rumah kalian terasa lebih bagus. Pastinya kalian sudah pernah melihat atau masuk ke suatu rumah dengan plafon bagus.

Membahas mengenai plafon, kerap ada rumah yang memasang plafon miring mengikuti bentuk genteng yang pada rumahnya. Biasanya hal ini terjadi pada saat rumah memiliki tinggi bangunan atau konstruksi cukup rendah.

Guna menyiasati ruangan terasa tinggi, hal itu dipasangkannya plafon miring mengikuti bentuk genteng. Jika kalian sedang mencari referensi plafon miring mengikuti bentuk rumah, di sini jadi pilihan yang tepat.

Mengapa begitu? Karena kami akan berikan beberapa referensi plafon miring mengikuti bentuk genteng. Jadi tidak perlu berlama-lama dan membuat kalian tidak sabar, silakan simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Terkait pemasangan plafon miring mengikuti bentuk genteng sendiri ada banyak bahan yang bisa digunakan. Akan tetapi, tidak semua bahan material pembuatan plafon bisa dibuat miring mengikuti rangka atap genteng.

Maka dari itu, pemilihan bahan yang tepat dengan menyesuaikan atau mengikuti bentuk genteng yang miring adalah hal perlu dipertimbangkan. Berikut kami sajikan beberapa pilihan bahan model plafon miring mengikuti genting:

Plafon Miring dari Gypsum

1. Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng dari Gypsum

Plafon bahan gypsum mungkin jadi salah satu yang sangat terkenal dan umum digunakan saat ini. Dari sisi kelebihan bahan satu ini yakni dapat tahan terhadap panas dan serangan rayap sehingga akan jauh lebih tahan lama.

Pada pemasangan plafon gunakan bahan gypsum juga lebih mudah dan hasilnya jauh lebih rapi. Mengenai plafon miring mengikuti bentuk genteng dengan bahan gypsum sendiri ada banyak dan sudah diterapkan pada rumah-rumah minimalis.

Tidak hanya memiliki kelebihan tersebut, plafon gypsum juga memiliki nilai plus dari segi harga bahan gypsum itu sendiri. Lantaran di pasaran gypsum mudah ditemukan dan memiliki harga yang tergolong terjangkau.

Sedangkan untuk kekurangan ada beberapa, di antara lain daya tahan dari gypsum kurang maksimal karena sangat mudah jebol dan patah. Lalu plafon dari bahan gypsum jika terkena air maka warna bisa rusak dan berubah (bahkan bocor).

Plafon Miring dari PVC

2. Plafon Miring dari PVC

Saat kalian ingin pasang plafon miring mengikuti bentuk genteng, bahan plafon PVC bisa jadi pilihan terbaik. Karena plafon dari bahan PVC ini memiliki bahan dasar seperti pipa air yang pasti miliki kelebihan tersendiri.

Antara lain kelebihan tersebut yaitu tahan akan rayap, air ataupun api. Uniknya lagi, plafon jenis ini memiliki beberapa warna sehingga akan sangat cocok buat kalian yang menginginkan dekorasi ruangan beda dari lainnya.

Sedangkan sisi kekurangan, plafon bahan PVC ini yaitu harganya bisa dikatakan cenderung lebih mahal. Tidak heran jika pemasangan plafon dengan bahan ini tidak dilakukan oleh orang-orang biasa atau sebagian kalangan saja.

Plafon Miring dari Kayu

3. Plafon Miring dari Kayu

Butuh referensi plafon miring mengikuti bentuk genteng? Mungkin plafon berbahan kayu juga bisa jadi pilihan, apalagi jika kalian penggemar klasik tentu pemasangan plafon miring dengan bahan kayu seperti ala-ala rumah joglo.

Sisi lain, kayu juga jadi bahan yang ramah lingkungan sehingga bisa membuat penghuni akan terasa lebih nyaman. Akan tetapi, saat pemilihan bahan kayu untuk pembuatan plafon pastikan kayu dalam lembaran kering agar tidak menyusut.

Hanya saja dalam pemasangan kayu sebagai plafon miring mengikuti bentuk rumah butuh waktu cukup lama. Tidak hanya dari proses pengerjaannya, namun dari harga harga kayu mahal dan pemilihan kayu terbaik salah satu faktornya.

Plafon Miring dari Triplek

4. Plafon Miring dari Triplek

Selain pasang plafon miring mengikuti bentuk genteng dengan bahan-bahan di atas. Kalian juga bisa memilih bahan triplek, plafon triplek bisa jadi alternatif murah jika ingin menggunakan bahan beri kesan natural laykanya kayu.

Itu dikarenakan untuk harga triplek per lembar lebih terjangkau dan bisa secara mudah ditemukan di pasara. Selain itu urusan proses pemasangan jauh lebih mudah yang akan memakan waktu sedikit dibanding dengan bahan sebelumnya.

Sisi kekurangan memasang plafon ini adalah tidak tahan terhadap air. Karena jika terdapat kebocoran pada baguan genteng maka akan sulit diperbaiki. Jadi pertimbangan memasang plafon miring mengikuti bentuk gendeng bisa disesuaikan selera.

Plafon Miring dari GRC

5. Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng dari GRC

Plafon dengan bahan GRC bisa digunakan untuk plafon miring mengikuti bentuk genteng pada bangunan atau rumah kalian. Keunggulan plafon GRC ada pada ketahanan, karena akan tahan terhadap air dan api.

Selain itu desain akan memberikan kesan mewah dan menakjubkan. Tentu saja dengan niatan untuk pasang plafon miring ikuti bentuk genteng akan memiliki daya tarik tersendiri apalagi jika tukan kreatif (punya banyak model).

Sedangkan untuk kekurangan plafon ini yaitu proses pemasangannya jauh lebih sulit dan harga bahannya yang cenderung cukup mahal. Jadi jika luas ruangan yang ingin diplafon cukup luas, maka perlu siapkan dana besar.

Plafon Miring dari Asbes

6. Plafon Miring dari Asbes

Asbes bisa jadi bahan plafon miring mengikuti bentuk genteng berikutnya yang bisa digunakan. Selain tawarkan hasil bagus serta belum banyak orang menggunakan, dari segi harga terbilang terjangkau dan murah.

Terkait proses pemasangan sendiri sangat mudah dan memiliki kualitas mirip seperti gypsum. Jadi jika kalian bimbang dan ingin plafon bahan apa, maka jenis bahan ini jadi salah satu pilihan perlu dipertimbakan.

Kekurangan datang dari bahan yang rentan patah atau retak dan tidak tahan terhadap air. Bahkan plafon asbes terbilang cukup bahaya untuk kesehatan, karena bisa sebabkan terjadi gangguan pada saluran pernapasan.

Plafon Fiber Flat

7. Plafon Fiber Flat

Selanjutnya ada plafon miring ikuti bentuk genteng berbahan fiber flat. Pemasangan plafon fiber flat miliki keunggulan pada daya tahan terhadap air dan awet karena terbuat dari bahan semen, hanya saja lebih berat.

Nantinya untuk proses pemasangan akan dilakukan dengan menggunakan rangka besi atau kayu. Selain itu, kelebihan datang pada ketahanan dari cuaca, tahan benturan, tahan air, tahan rayap, tahan api serta tahan jamur.

Berbicara mengenai harga, bisa dikatakan plafon jenis satu ini lebih mahal. Tidak heran jika banyak orang memilih jenis lainnya, namun jika kalian berminat pasang plafon jenis ini kembali ke selera dan budget dimiliki.

Plafon Miring dari Akustik

8. Plafon Miring dari Akustik

Selain beberapa plafon miring mengikuti bentuk genteng di atas, plafon miring dari bahan akustik bisa jadi pilihan. Bahan peredam suara dapat dijadikan plafon mengikuti bentuk genteng dan menampilkan kesan elegan.

Pemasangan plafon dengan bahan ini akan memiliki kelebihan tidak bisingnya suara dari luar masuk, lantaran fungsi utamanya adalah jadi peredam suara. Kelebihan lain ada pada segi bobot ringan serta mudah dipasang.

Hanya saja soal harga per meter saja terbilang mahal, jadi jika ruangan rumah atau bangunan kalian cukup luas akan perlukan biaya besar. Maka dari itu biasanya plafon jenis ini dipasang pada ruangan tertentu saja seperti kamar dan studio.

Plafon Miring dari Metal

9. Plafon Miring dari Metal

Untuk jenis plafon miring mengikuti bentuk genteng terakhir adalah plafon berbahan metal. Uniknya lagi ada beberapa ukuran dan motif pada jenis plafon ini, jadi kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kekinginan.

Kelebihan dari bahan ini ada pada kekutan yang bisa tahan berat, rayap, bahkan air. Saat ini sudah banyak orang-orang yang gunakan plafon ini untuk ruangan pada bangunan atau rumah yang dimilikinya.

Meskipun dari segi kekuatan baik, kekurangan ada dari harga yang cukup mahal. Selain itu proses pengerjaan sulit serta wajib menyesuaikan desain rumah menjadi tantangan, dengan begitu pemilihan tukang pengalaman jadi kuncinya.

Akhir Kata

Selain tahu apa plafon model miring ikuti bentuk genteng di atas, kalian juga perlu ketahui cara menghitung total kebutuhan mulai dari segi material atau biaya proses pemasangan plafonnya.

Di mana hal yang harus dihitung adalah volume pekerjaan plafon miring yang akan dipasang untuk menentukan material. Untuk menghitung biaya pemasangan dari estimasi lama atau tidaknya, jika biaya tidak dihitung per meter.

Itu kiranya pembahasan dapat rsudpenajam.id sampaikan terkait plafon miring mengikuti bentuk genteng sebagai referensi. Semoga dengan adanya pembahasan plafon miring ikuti bentuk genteng di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.